Mari kita belajar tentang antarmuka (User interface)
2 posters
Halaman 1 dari 1
Mari kita belajar tentang antarmuka (User interface)
Apa itu UI (User Interface)??
Ini contoh User interfacenya (Sebuah tampilan Gamabr)
Ini contoh User interfacenya (Sebuah tampilan Gamabr)
-Antarmuka/User Interface (UI) merupakan bagian dari komputer dan perangkat lunak yang dapat dilihat,didengar,disentuh, dan diajak
bicara, baik secara langsung dengan pemahaman tertentu
- Komponen Utamanya
-Input
-Output
Pentingnya Desain UI yang baik
- Banyak sistem dengan fungsionalitas yang baik tapi tidak efisien, membingungkan,dan tidak berguna karena desain UI yang buruk.
- Desain yang buruk akan membingungkan, tidak efisien, bahkan menyebabkan frustasi.
- Antarmuka yang baik merupakan jendela untuk melihat kemampuan sistem serta jembatan bagi kemampuan perangkat lunak.
Prinsip-prinsip umum perancangan UI
- User Compability
- Tidak semua user sama dan semua user tidak seperti developer
- Desaigner harus paham tentang pengetahuan psikologi dasar
- Product Compatibility
Kompatibilitas antar produk harus diperhatikan dan dipertahankan
- Task Compability
Struktur dan aliran sistem harus sesuai dan mendukung tugas user
- Work Flow Compability
Sistem harus di organisasikan dengan baik sehingga dapat memfasilitasi transisi dan tugas
- Consistency
Membuat user berfikir dengan menganalogikan dan memprediksi bagaimana melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukannya
- Familiarity
Konsep, Terminologi, Pengaturan antarmuka harus yang dipahami user dengan baik
- Simplycity
- Kesalahan umum yang terjadi pada perancangan UI adalah berusaha menyediakan semua fungsionalitas
- Gunakan konsep default
- Direct manupulation
- User secara langsung dapat melihat aksinya pada object yang terlihat
- Control
User tidak merasa di kontrol oleh mesin.
- WYSIWYG
Adanya korenspondensi satu ke satu antara informasi dilayar dengan informasi di printed output atau file
- Flexibility
Mengizinkan makin banyak kontrol user yang mengakordinir skill user yang bervariasi
- Responsiveness
Komputer harus selalu merespon dengan segera setiap input dari user
- Invisible Technology
User sebaiknya mengetahui sesedikit mungkin detail teknis bagaimana sistem diimplementasikan
- Robustness
Sistem sebaiknya mentolerir kesalahan manusia yang umum dan tidak dapat dihindari. Menyediakan recovery yang mudah
dipahami jika terjadi crash
- Protection
Sistem sebaiknya dapat memproteksi setiap input dari user apapila terjadi suatu crash karena kesalahan umum
- Ease of Learning
Sistem mudah dipelajari pemula
- Ease of Use
Sistem mudah digunakan oleh expert
Sementara ini dulu...cape ngetik
ini cuma garis besarnya aja..kalo mau tanya silahkan..sebisa mungkin ane jawab..
~Mari kita belajar bersama
Terakhir diubah oleh Jajang_Mustofa tanggal Thu Nov 03, 2011 11:43 pm, total 2 kali diubah
Jajang_Mustofa- Super Moderator
- Kelas : MI-3D
Angkatan : 2009
Join date : 29.10.11
Lokasi : Bandung
Posts : 143
Re: Mari kita belajar tentang antarmuka (User interface)
kasih contoh gambarnya ya.!!!
YOWA48- Moderator
- Kelas : TI 3C
Angkatan : 2009
Join date : 01.11.11
Lokasi : Bandung
Posts : 43
Re: Mari kita belajar tentang antarmuka (User interface)
itu gan sudah ane masukan gambarnya ;)
terima kasih atas komen dan saranya :cheers:
terima kasih atas komen dan saranya :cheers:
Jajang_Mustofa- Super Moderator
- Kelas : MI-3D
Angkatan : 2009
Join date : 29.10.11
Lokasi : Bandung
Posts : 143
Similar topics
» Bagi yang mau belajar hacking dasar (Lammer)
» Tentang PPI
» Kita dukung indonesia di seagames!
» bagaimana seharusnya kita berdo'a
» Tentang Visi & Misi
» Tentang PPI
» Kita dukung indonesia di seagames!
» bagaimana seharusnya kita berdo'a
» Tentang Visi & Misi
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
|
|