Selamat datang di Poltekpos.forumid.net Smile

Untuk saat ini konten kami hanya bisa diakses oleh member..
silahkan mendaftar (register) ,Jika anda sudah menjadi member kami silahkan login terlebih dahulu

Perbedaan Cracking dan Hacking?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Perbedaan Cracking dan Hacking?

Post by Alfairoe_Sigit on Fri Nov 04, 2011 11:06 pm

mungkin banyak dari kita yang belum tau...apa itu cracking apa itu hacking?
dari pada banyak cerita...saya akan menjelaskan perbedaan dari cracking dengan hacking

Cracking adalah menerobos masuk sebuah sistem tanpa adanya ijin resmi dr pemilik asli, entah itu website, aplikasi atau sistem yg lain.. biasanya bertujuan menghapus proteksi, merubah ataupun merusak properti
Hacking adalah metode u/ memperbaiki suatu sistem biasanya dgn maksd yg baik, mendapat ijin resmi dr pemilik asli.. kerusakan yg ditimbulkan hanya sedikit atau tdk berarti.. hacker mampu menemukan kelemahan dan memberikan solusi nyata.. tidak pernah mencontek org lain..
jd sangat salah jika seseorang mengklaim dirinya hacker pdhl dia hanya melakukan deface website, cracking software, phreaking jaringnan, etc.. menggunakan exploit hasil temuan org lain.. metode org lain.. tdk mengerti pemrograman dan sebuah sistem dgn baik.. org tsb lbh pas disebut sbg cracker, bkn hacker..

Perbedaan hacer dan cracker
A. Hacker



1. Mempunyai kemampuan menganalisa kelemahan suatu sistem atau situs. Sebagai contoh : jika seorang hacker mencoba menguji suatu situs dipastikan isi situs tersebut tak akan berantakan dan mengganggu yang lain. Biasanya hacker melaporkan kejadian ini untuk diperbaiki menjadi sempurna.Bahkan seorang hacker akan memberikan masukan dan saran yang bisa memperbaiki kebobolan system yang ia masuki.



2.Hacker mempunyai etika serta kreatif dalam merancang suatu program yang berguna bagi siapa saja.



3. Seorang Hacker tidak pelit membagi ilmunya kepada orang-orang yang serius atas nama ilmu pengetahuan dan kebaikan.





4. Seorang hacker akan selalu memperdalam ilmunya dan memperbanyak pemahaman tentang sistem operasi.



B. Cracker



1. Mampu membuat suatu program bagi kepentingan dirinya sendiri dan bersifat destruktif atau merusak dan menjadikannya suatu keuntungan. Sebagia contoh : Virus, Pencurian Kartu Kredit, Kode Warez, Pembobolan Rekening Bank, Pencurian Password E-mail/Web Server.



2. Bisa berdiri sendiri atau berkelompok dalam bertindak.



3. Mempunyai situs atau cenel dalam IRC yang tersembunyi, hanya orang-orang tertentu yang bisa mengaksesnya.



4. Mempunyai IP yang tidak bisa dilacak.



5. Kasus yang paling sering ialah Carding yaitu Pencurian Kartu Kredit, kemudian pembobolan situs dan mengubah segala isinya menjadi berantakan. Sebagai contoh : Yahoo! pernah mengalami kejadian seperti ini sehingga tidak bisa diakses dalam waktu yang lama, kasus clickBCA.com yang paling hangat dibicarakan tahun 2001 lalu.



Dua Jenis Kegiatan Hacking



1. Social Hacking, yang perlu diketahui : informasi tentang system apa yang dipergunakan oleh server, siapa pemilik server, siapa Admin yang mengelola server, koneksi yang dipergunakan jenis apa lalu bagaimana server itu tersambung internet, mempergunakan koneksi siapa lalu informasi apa saja yang disediakan oleh server tersebut, apakah server tersebut juga tersambung dengan LAN di sebuah organisasi dan informasi lainnya



2. Technical Hacking, merupakan tindakan teknis untuk melakukan penyusupan ke dalam system, baik dengan alat bantu (tool) atau dengan mempergunakan fasilitas system itu sendiri yang dipergunakan untuk menyerang kelemahan (lubang keamanan) yang terdapat dalam system atau service. Inti dari kegiatan ini adalah mendapatkan akses penuh kedalam system dengan cara apapun dan bagaimana pun.
Tmbhan sdkit, Hacker jga wajib mngerti dan memahami jaringan, karna jaringan internet merupakan hasil (kreatifitas) para hacker yang sangat berguna


Signature......................


Member baru harap baca dulu Rules and main point ,
Terima kasih sudah mau mengikuti Rules "Poltekpos.forumid"
avatar
Alfairoe_Sigit
Administrator
Administrator

Kelas : MI-3D
Angkatan : 2009
Join date : 29.10.11
Lokasi : Bandung
Posts : 144

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik