Selamat datang di Poltekpos.forumid.net Smile

Untuk saat ini konten kami hanya bisa diakses oleh member..
silahkan mendaftar (register) ,Jika anda sudah menjadi member kami silahkan login terlebih dahulu

Konsep dasar membuat game

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Konsep dasar membuat game

Post by Jajang_Mustofa on Sun Oct 30, 2011 10:00 pm

Game pasti suatu yang tidak asing bagi kita. Kita pasti pernah bermain game walau hanya sekali. Namun pernahkah kita berpikir untuk membuat game kita sendiri, dengan gameplay yang kita inginkan? Berikut adalah step-step yang harus kita penuhi dalam membuat game. (Ane anggap agan bikin game menggunakan macromedia flash 8 )




Spoiler for pertamax:
1. Konsep game

Ya, konsep. Agan ga bakal bisa bikin game tanpa ini. Pikirkan dulu raw plan gamenya. Apa genre nya, judulnya apa, siapa tokoh utamanya, bagaimana jalan ceritanya, dsb. Seiring dengan pembuatan game, agan bisa "meningkatkan" kualitas game. Seperti menambah detail pada background, membuat fitur baru yang tidak mengubah konsep utama.


Spoiler for keduax:
2. Jalan cerita

Seperti yang dikatakan pada step pertamax, jalan cerita adalah hal yang paling penting dalam game. Tanpa jalan cerita yang jelas, pemain akan bingung mengikuti alur game tersebut sehingga membuat mereka menutup browser mereka dan mematikan komputernya. Tetapi dalam suatu genre game, jalan cerita tidak dibutuhkan seperti Arcade, Simulation, dll. Namun, misalnya, untuk RPG, sudah jelas membutuhkan alur cerita


Spoiler for ketigax:
3. Grafik

Tentukan style agan dalam membuat game. Apakah dengan detail yang tinggi, atau sederhana. Sebaiknya dalam menentukan style grafis, disesuaikan dengan konsep. Contohnya, agan akan membuat game untuk anak-anak. Maka buatlah gambar yang tidak terlalu banyak detail dan dengan warna terang dan buatlah karakter yang lucu dan imut agar anak-anak tertarik memainkannya.


Spoiler for keemprat:
4. Alur game

Apabila pada step keduax dijelaskan tentang jalan cerita, di step ini dijelaskan tentang alur game. Dalam suatu genre, buatlah alur game yang cocok dengan genre tersebut. Contohnya : Game RPG membutuhkan karakter yang heroik dan pendamping karakter utama. Ditengah perjalanan, mereka diharuskan melawan "bos" untuk melanjutkan permainan. Di akhir game, mereka akan melawan "bos terakhir" untuk mengakhiri permainan. "Bos terakhir" ini haruslah kuat, karena disetiap perjalanan karakter pasti akan menerima "Level Up". Sehingga pertarungan "Bos terakhir" dan karakter akan seimbang. Kalau perlu, buatlah ending yang epik.

Contoh lainnya, pada game arcade. Arcade tidak perlu alur game yang rumit seperti RPG. Alur game arcade umumnya berbentuk level. Semakin banyak level yang ada, semakin penasaran pemain untuk menyelesaikan game. Namun kembangkan fitur dalam game. Agar pemain tidak bosan dipertengahan game.


Spoiler for kelimax:
5. Kumpulkan bahan

Agan pasti membutuhkan tepung untuk membuat kue. Sama seperti game, agan juga butuh bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat game. Contohnya, untuk game yang lebih kompleks, agan membutuhkan efek suara. Agan bisa mendownload efek suara tersebut di web yang memberikan efek suara secara gratis.


Spoiler for keenam:
6. Buat gamenya

Buat gamenya. Mau apa lagi?


Spoiler for ketujuh:
7. Kembangkan

Selesai membuat gamenya, kembangkan agar lebih menarik. Tambahkan fitur yang lebih menarik. Seperti fitur mini-game dan semacamnya. Cobalah untuk berkreasi sesuai dengan keinginan agan. Mintalah teman agan untuk mencoba game agan, dan minta kritiknya. Terima kritiknya dan kembangkan lagi


Sekian dari ane. Semoga thread ane bermanfaat


Update



Karena ada yang minta cara bikin game, ane kasih contoh bikinnya. Mungkin bagi yang masih awam akan sangat sulit dimengerti, tapi coba ikuti saja dulu. Ntar ane kasih penjelasannya
avatar
Jajang_Mustofa
Super Moderator
Super Moderator

Kelas : MI-3D
Angkatan : 2009
Join date : 29.10.11
Lokasi : Bandung
Posts : 143

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep dasar membuat game

Post by sastrabumi on Mon Oct 31, 2011 8:05 pm

ini yang gw cari gan :cheers:
thanks atas informasi nya gan..
avatar
sastrabumi
banned
banned

Join date : 31.10.11
Posts : 20

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep dasar membuat game

Post by Jajang_Mustofa on Mon Oct 31, 2011 9:14 pm

Sama-sama ..
semoga informasi nya membantu Smile
avatar
Jajang_Mustofa
Super Moderator
Super Moderator

Kelas : MI-3D
Angkatan : 2009
Join date : 29.10.11
Lokasi : Bandung
Posts : 143

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep dasar membuat game

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik