Selamat datang di Poltekpos.forumid.net Smile

Untuk saat ini konten kami hanya bisa diakses oleh member..
silahkan mendaftar (register) ,Jika anda sudah menjadi member kami silahkan login terlebih dahulu

Google Sisipkan Notifikasi pada Situs Berbahaya

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Google Sisipkan Notifikasi pada Situs Berbahaya

Post by arif.jo322 on Thu Nov 17, 2011 7:11 am



[Internet Sehat] TOP dah TOP dah TOP dah Tak henti-hentinya sejumlah vendor teknologi membantu user untuk menjauhi malware yang merajalela di dunia maya. Orang di balik malware (program berbahaya) diketahui semakin licik dan memakai kesempatan sekecil apapun untuk menjerat korbannya. Untuk itulah Google mengeluarkan fitur baru dalam mesin pencarinya yang bisa membantu Anda agar tidak terjebak malware.

Fitur baru Google ini berupa notifikasi pada hasil pencarian yang muncul pada situs yang mencurigakan. Peringatan ini bukanlah yang pertama kalinya dibesut oleh Google terkait malware yang tak pernah mati di jagad maya. Kini, notifikasi terbaru tersebut akan langsung nongol di search result berupa kalimat “This site may be compromised”. Kalimat ini hanya akan muncul di situs yang memang dicurigai telah disusupi pihak ketiga, terutama spam.

Dengan mengklik kalimat tersebut, user akan digiring menuju artikel Google di Help Center di mana pengguna internet akan dijelaskan lebih lanjut mengenai peringatan tersebut. Sebaliknya, jika user nekat mengklik hasil pencarian itu, maka mereka akan menjadi korban jebakan penjahat cyber dan risiko pun akan menghadang seperti pencurian identitas pribadi.

Google sendiri dalam blog resmi mereka mengatakan bahwa mereka memakai sejumlah tools yang berbeda untuk mendeteksi tanda-tanda situs yang telah di-hack secepat mungkin. Nah, ketika situs tersebut memiliki tanda-tanda mencurigakan, maka Google segera menambahkan notifikasi pada hasil pencarian.

Selain itu, Google juga berusaha untuk menghubungi si pemilik situs atau Webmaster agar menindaklanjuti aksi jahat tersebut. Google berharap para webmaster mengapresiasi notifikasi tersebut karena dengan begitu mereka akan lebih cepat mengetahui aksi pencemaran situs mereka dan segera mengambil langkah pemulihan. Bila pemulihan telah dilakukan maka label peringatan yang disematkan Google akan dicabut secara otomatis.

Meskipun Google telah memberikan notifikasi pada Anda mengenai situs ‘beracun’, namun aksi memberikan pengaman pada PC Anda masih menjadi langkah yang terbaik. Selain itu, tips untuk menghindar dari serangan malware ataupun serangan cyber lainnya adalah dengan berhati-hati dalam mengklik sebuah alamat situs. Tidak semua hasil pencarian dari mesin pencari itu aman.

Seringkali user mengklik hasil pencarian teratas yang dirasa mereka paling aman dan relevan. Akan tetapi dengan semakin cerdiknya para pejahat cyber, situs-situs tersebut dengan gampangnya telah disuntik oleh program jahat atau virus sehingga si user pun masuk ke jeratan maut. [Internet Sehat]
avatar
arif.jo322
Donator
Donator

Kelas : TI-D4
Angkatan : 2011
Join date : 08.11.11
Lokasi : Bandung
Posts : 9

Kembali Ke Atas Go down

Re: Google Sisipkan Notifikasi pada Situs Berbahaya

Post by Harris Muhammad Zaki on Thu Nov 17, 2011 11:30 am

Wah bahaya juga Gan.. dendammmmm

heheheheeh musti hati2 nih.. heheheheeh

Mad Mad Mad Mad Cyber Mad Mad Mad Mad
avatar
Harris Muhammad Zaki
Forum Member
Forum Member

Kelas : TI 3C
Angkatan : 2009
Join date : 03.11.11
Lokasi : Bukittinggi
Posts : 22

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik